Kamis, Maret 12, 2009

Kamis, 25 Oktober 2006

Ry, ternyata udah setaun lebih gw 'beberkan' eventevent yg beragam dalam hidup gw di dlm buku usang ini. Sebenernya, gw temuin diari ini sewaktu mama, gw dan beberapa org di rumah beres-2 in gudang belakang. 'Loe' waktu itu ada di dlm keranjang bersama tumpukan barang bekas. Dulu, ini catatan mama sewaktu msh belajar tata rias, trus gw robek beberapa lembar di muka.
Gw belum selesai baca buku "the diary of Anne Frank" yg gw beli kemaren sama teh Dina dan teh Icha di Gramed ITC Cbn. Si Anne ini berusia 13 tahun waktu nulis di diarynya, berharap catatan hariannya itu dipublikasikan atas alasan ingin memberitahukan semua orang ttg pandangan seorang gadis remaja yg berada di negeri berperang dan merasakan ke-zaliman atas Jerman thdp org-2 Yahudi. Keluarganya dan 'keluarga pendatang' bersembunyi di gudang kantor keluarga Frank selama 2 tahun, lalu tertangkap karena persembunyiannya ketahuan. Akhir riwayat Anne Frank, diciduk trus dibawa ke kamp tawanan khusus Yahudi. Anne Frank meninggal di Bergen Belsen, dekat Hannover (Jerman) sekitar akhir Febryari atau awal Maret tahun 1945 karena tifus musim hujan. Yg gw tonton di Metro TV, Anne meninggal dlm kesendirian karna terpisah dari keluarganya. Betapa menyedihkan. Dan sekarang, di tangan gw, gw pegang diary terpopuler selama abad 20 dari tangan gadis remaja tsb. Ceritanya gw simpan bwt besok, Ry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar